KOMUNIKASI DALAM KELAS ONLINE
Salah
satu aktivitas dalam pembelajaran online adalah komunikasi. Komunikasi
dilakukan untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Komunikasi terjadi
antara fasilitator dengan peserta
diklat, antar peserta,
peserta dengan penyelenggara. Komunikasi tersebut dilakukan
secara synchronous maupun asynchronous.
Komunikasi terjadi secara synchronous
apabila pihak-pihak yang
berkomunikasi melakukan komunikasi
pada waktu yang sama dengan lokasi yang sama atau berbeda.
1.
Forum
Diskusi
Forum
diskusi merupakan fitur
komunikasi yang utama
dalam pembelajaran online. Melalui forum
diskusi akan terjadi
komunikasi interaktif antara
fasilitator dengan peserta, antar
fasilitator, antar peserta
untuk tukar pengetahuan
dan pengalaman atau sebagai
sarana unjuk kerja
peserta. Untuk
berpartisipasi dalam forum
diskusi hendaknya peserta memperhatikan tipe forum yang hendak diikuti, sehingga
peserta dapat menyesuaikan aktivitasnya. Forum diskusi mempunyai fitur-fitur
sebagai berikut.
1)
Tanya
jawab
Fitur tanya
jawab merupakan fitur utama dari forum diskusi. Forum mempunyai bagian-bagian
yang berfungsi untuk menuliskan judul maupun isi pertanyaan.
2)
Melampirkan
file
Pengguna juga
dapat melampirkan file
dengan ukuran dan
jumlah file yang dilampirkan mengikuti pengaturan oleh
administrator sistem.
3)
Melampirkan
gambar/foto/ animasi/narasi
Selain file,
pengguna juga dapat
melampirkan
gambar/foto/animasi/narasi ke
dalam forum diskusi melalui menu insert image.
4)
Mengunggah
video
Di dalam
forum diskusi juga
dapat dilampirkan video,
baik dengan cara melampirkan dalam
bentuk file atau
ditempel dengan mengambil alamat URL file video tersebut.
Dalam pembelajaran online, pemanfaatan forum
diskusi antara lain untuk:
1.
berkomunikasi
menyampaikan ide, gagasan, pengalaman,
2.
bertanya topik
baru yang terkait
dengan materi atau hal-hal
yang mendukung pembelajaran,
3.
memberi
respon/jawaban terhadap topik atau pendapat orang lain.
4.
saluran
untuk mengumpulkan tugas peserta,
5.
sebagai
sarana unjuk kerja peserta dan penilaian oleh fasilitator.
2.
Blog
Blog
merupakan salah satu
fitur komunikasi Moodle,
di mana melalui
blog pengguna sistem berbasis
Moodle dapat menyampaikan
ide, gagasan, pengalamannya untuk
diketahui dan direspon
orang lain. Dalam
proses pembelajaran diklat blog
dapat dimanfaatkan oleh
penggunanya sebagai sarana untuk
mengekspresikan pengalaman pembelajaran
yang telah dialaminya. Blog
merupakan jurnal belajar
yang tidak terstruktur
untuk menyampaikan ide, pengalaman,
refleksi pembelajaran penggunanya.
Melalui blog juga
peserta diklat dapat menyampaikan permasalahan, masukan, respon
atau umpan balik
terhadap materi yang baru saja dipelajari. Blog juga dapat berfungsi sebagai forum diskusi di mana seseorang
menyampaikan topik atau
idenya dan orang lain
dapat merespon topik tersebut.
3.
Message
Moodle juga mempunyai kanal komunikasi dalam bentuk message atau pesan. Informasi di dalam
message ditujukan pada
individu tertentu, tidak
dalam bentuk siaran/broadcast.
4.
Chat
Chat merupakan aktivitas di Moodle
yang dapat digunakan
untuk komunikasi synchronous. Pengguna
dapat melakukan percakapan
secara real time
dengan pengguna lain yang berada
di dalam sistem.
Menurut saya di dalam dunia internet,media
sosial merupakan media yang paling digemari oleh pengguna internet. Yang marak
digunakan oleh masyarakat antara lain adalah aplikasi whatsapp, Facebook
messenger, Line, Talk, Telegram dan lain-lain. Kali ini saya akan menambahkan
materi tentang CHAT. Dalam
pembelajaran diklat, chat merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam
berkomunikasi. Chat dapat melakukan komunikasi antara 2 orang atau grup yang
tidak berada di satu tempat. Chat dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal ,antara
lain adalah sebagai sarana berkomunikasi yang paling mudah dan cepat, percakapan secara
langsung antara peserta
dan fasilitator secara
khusus, misalnya peserta berkonsultasi
ke fasilitator atau
fasilitator menyampaikan pesan-pesan
khusus kepada peserta, chat bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau
multiple chat ; Selain itu chat dapat dimanfaatkan untuk sarana berkonsultasi
agar lebih mudah. Chat terkadang diartikan sebagai kegiatan bercakap-cakap atau
bercengkrama atau mengobrol pada sosial media.
Sumber :
Bahan Ajar E-Learning BAB VI Komunikasi dalam Kelas Online
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSaya setuju,Ilmunya sangat bermanfaat sekali,apalagi di tengah pandemi seperti sekarang,dan tekhnologi yang terus berkembang , dengan cara forum diskusi online sangat membantuk dalam proses perkuliahan daring, terimakasih
BalasHapusTerimakasih atas informasi yang disampaikan sangat bermanfaat, terkait chat yang memang saat ini menjadi hal yang paling di gemari oleh setiap orang karena memang dirasa sangat efektif dan efisien
BalasHapusBetul sekali, saya setuju dengan informasi yang disampaikan, chat memang fasilitas komunikasi yang sangat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih, informasinya sangat bermanfaat kak🤗
BalasHapusSaya setuju dengan informasi yang telah disampaikan anda, selain itu dengan adanya chat sangat memudahkan kita di jaman sekarang, chat yang banyak di gemari dari anak2 sampai orang dewasa. Chat menyajikan informasi yang dibutuhkan bagi kita chat juga bisa digunakan untuk menuangkan ide-ide, pengalaman dan juga sebagai tempat untuk menyalurkan bakat menulis. Terimakasih informasinya sangat membantu sekali.
BalasHapussaya setuju dengan apa yang telah Anda tuliskan, sangat menambah wawasan dan pengetahuan. melalui chat dan blok kita dapat lebih mudah dalam melakukan komunikasi tanpa terbatas ruang dan waktu.
BalasHapusSaya setuju dengan mbak Sandy tisan ini dapat menambah wawasan dan juga ilmu yang sangat bermanfaat.apa lagi pada zaman sekarang, internet sangat dibutuhkan sebagai sumber belajar dan mencari inlmu
BalasHapusTerima kasih atas infonya ya, saya setuju dengan mba Shandy, dengan memanfaatkan chat bisa menjadi solusi untuk melaksanakan pembelajaran secara virtual , apalagi ditengah situasi seperti sekarang ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung. Dengan menggunakann chat sangat memudahkan untuk berkomunikasi sehingga proses pembelajaran siswa tetap berlanjut, kapan dan dimanapun.
BalasHapusTerimakasih atas informasinya, saya setuju dengan informasi yang disampaikan.Chat merupakan komunikasi yang sangat bermanfaat dengan adanya chat sangat memudahkan kita di jaman sekarang.Chat di gemari oleh setiap orang karena sangat efektif dan efisien.
BalasHapusSaya setuju dengan isi konten blog ini. Pada masa pandemik seperti sekarang, kegiatan mengajar secara daring akan
BalasHapusmempermudah pembelajaran bagi pengajar dan peserta didik. Sistem tatap muka online semacam ini memang perlu
digalakan supaya tidak terjadi gap akan akses pembelajaran bermutu bagi civitas akademik yang masih kurang melek teknologi.
Sangat setuju dan sependapat dengan penulis . Kini ditengah masa pandemi COVID 19, komunikasi secara online bisa menjadi solusi alternatif untuk saling bertukar informasi dikala komunikasi secara langsung dirasa tidak lagi memungkinkan .
BalasHapusSelain itu bekerja ataupun belajar secara daring/online juga merupakan langkah yang bijak dalam kondisi sekarang ini.
Tulisan yang sangat bermanfaat ,terima kasih penulis 🙏
Terima kasih atas informasi yang anda sampaikan. Dengan membaca blog anda, dapat menambah wawasan tentang berkomunikasi secara online dan banyak caranya. Semoga informasi yang anda sampaikan dapat bermanfaat bagi banyak pihak. Semangat terus berkarya.
BalasHapusSaya setuju dengan isi artikel ini, sangat bermanfaat untuk menemukan solusi pembelajaran yang terhambat karena situasi pandemi saat ini.
BalasHapussaya setuju dengan isi blogg ini, terlagi dalam pandemik saat ini yang terjadi dan terdapak pada pendidikan dengan itu ilmu yang ditulis bisa dimanfaatkan untuk saat ini, terimaksi penulis bermanfaat bagi orang lain
BalasHapus